Home / Halaman

Kurikulum

 

Daftar kurikulum yang ada di Ponpes Ar-Rahman :

Dari potensi masyarakat yang selaras dengan visi Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren (LP3) Ar-Rahman, sejak awal didirikannya, SMA UNGGULAN AR-RAHMAN sudah menawarkan bentuk penyelenggaraan pendidikan terpadu. SMA UNGGULAN AR-RAHMAN berupaya menyelaraskan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh keimanan dan ketaqwaan yang cukup kokoh dari peserta didiknya sehingga dapat terjadi keseimbangan dalam penguasaan iptek dan imtak.  Selain itu, dengan diasramakannya peserta didik, proses pembelajaran pembentukan sikap mandiri dan bertanggung jawab juga menjadi salah satu keunggulan kurikulum SMA UNGGULAN AR-RAHMAN

Di samping itu pilihan pendekatan belajar yang tepat menjadi sangat menentukan dalam peningkatan kualitas hasil pendidikan. ‘Active learning’ menjadi pilihan pendekatan belajar di SMA UNGGULAN AR-RAHMAN sejak awal berdirinya.  Dengan pendekatan ini, pembelajaran diupayakan terjadi dalam suasana yang positif, dinamis dan interaktif dimana peserta didik lebih berperan sebagai subyek kegiatan.  Target pembelajaran tidak hanya sekedar penguasaan pemahaman dan pengetahuan tetapi juga pada penguasaan kompetensi yang bersifat afektif dan psikomotor. Jika diterapkan dengan efektif, pendekatan ‘active learning’ memungkinkan peserta didik menguasai kompetensi yang dipelajarinya sampai pada tingkat kemampuan mentransfer kompetensi tersebut kepada peserta didik lainnya.  Variasi metode pembelajaran kemudian menjadi keharusan dalam ‘penyampaian’ materi di kelas sehingga situasi belajar mengajar secara konsisten bersifat kondusif dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan.  Di samping variasi metode,  pendekatan belajar ini akan optimal jika disertai dengan pelaksanaan kegiatan integratif yang relevan, terap dan mendukung upaya pencapaian kompetensi. Kegiatan yang direncanakan akan menjadi kegiatan pendamping di SMA Unggulan Ar-Rahman tahun pelajaran 2011-2012 antara lain: ‘ekskursi’, ‘fun cooking’, ‘science fair’, berkebun, ‘outbound’, ‘book fair’, ‘market day’, praktek dan percobaan ilmiah, dan berbagai kegiatan kepesantrenan lainnya.

 STRUKTUR KURIKULUM SMA UNGGULAN AR-RAHMAN

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

1.      KELOMPOK MATA PELAJARAN

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

a.  Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia,

b.  Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian,

c.  Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi,

d.  Kelompok mata pelajaran estetika,

e.  Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan/atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19/2005 Pasal 7.

No

Kelompok Mata Pelajaran

Cakupan

Mata Pelajaran/ Komponen Terkait

1.

Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Pengembangan Diri, IPA, Seni Budaya, IPS, Penjaskes, Matematika, muatan lokal

2.

Kewarganega-raan dan Kepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Agama, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Penjaskes, dan Pengembangan Diri. muatan lokal

3.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kelompok mata pelajaran ilmu  penge-tahuan dan teknologi pada SMA/MAK dimaksudkan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membentuk kompetensi, kecakapan, dan kemandirian kerja.

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Mate matika, IPA, IPS, Kejuruan, TIK, geografi, sosiologi, dan Muatan Lokal.

4.

Estetika

Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, TIK, Sosiologi dan Muatan Lokal.

5.

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA/MAK dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.

Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

Penjaskes, IPA, dan Muatan Lokal.

2.      MUATAN MATA PELAJARAN

Mengacu pada Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 BAB X Pasal  37 tentang pengaturan muatan mata pelajaran di setiap satuan pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Formal, serta tujuan khusus pendirian SMA UNGGULAN AR-RAHMAN maka Muatan Mata Pelajaran pada Kurikulum SMA UNGGULAN AR-RAHMAN ditetapkan berdasarkan substansi pembelajaran yang harus ditempuh setiap peserta didik dalam satu jenjang pendidikan selama tiga (3) tahun mulai dari Kelas X (sepuluh) sampai dengan Kelas XII (dua belas).  Muatan Mata Pelajaran ini disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan mempertimbangkan tujuan khusus dari pendirian sekolah. 

Kurikulum SMA UNGGULAN AR-RAHMAN memuat 16 mata pelajaran, 7 muatan lokal dan pengembangan diri.

2.1  Mata Pelajaran

Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.

Secara garis besar, Muatan Mata Pelajaran yang ditetapkan dan dikembangkan SMA UNGGULAN AR-RAHMAN dengan merujuk pada Standar Isi dan Visi Misi Yayasan Ar-Rahman adalah sebagai berikut:

No

Mata Pelajaran

Kelas

X

Program IPA

Program IPS

XI

XII

XI

XII

  1. A.     Muatan Mata Pelajaran

1.

Pendidikan Agama Islam

 

  1. Qur’an Hadits

2

2

2

2

2

 

  1. Fiqh/Praktek Ibadah

2

2

2

2

2

 

  1. Akidah Akhlak

2

1

1

1

1

2.

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

2

2

3.

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

4

4.

Bahasa Inggris

4

4

4

4

4

5.

Matematika

4

5

6

5

6

6.

Fisika

3

5

5

-

-

7.

Kimia

3

5

5

-

-

8.

Biologi

3

5

5

-

-

9.

Geografi

2

-

-

4

4

10.

Sosiologi

2

-

-

4

4

11.

Ekonomi

2

-

-

5

6

12.

Sejarah

1

1

1

1

1

13.

TIK

2

2

2

2

2

14.

Penjaskes

2

2

2

2

2

15.

Seni Budaya

2

1

1

1

1

16.

Bahasa Arab

2

2

2

2

2

17.

BP/BK

1

1

1

1

1

  1. B.      Muatan Lokal Wajib

18

Bahasa Sunda

2

-

-

-

-

19

Pendidikan Lingkungan Hidup

2

1

-

1

-

  1. C.      Muatan Lokal Keagamaan

20

Tahfidz

4

4

4

4

4

21

Nahwu Shorof

-

2

2

2

2

22

Kajian Kitab Kuning

2

2

2

2

2

23

Imla/Khot

1

1

-

1

-

  1. D.     Pengembangan Diri

24

Pencak Silat

2

25

Basket

26

Marching Band

27

Pramuka

28

PMR

29

Futsal

30

Science Club

31

English Club